Terkait Gratifikasi Hambalang, KPK Periksa Machfud Suroso

Written By bopuluh on Rabu, 23 Oktober 2013 | 21.26


JAKARTA, KOMPAS.com -
Komisi Pemberantasan Korupsi menjadwalkan pemeriksaan Direktur PT Dutasari Citralaras Machfud Suroso terkait kasus dugaan penerimaan gratifikasi Hambalang yang menjerat mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, Kamis (24/10/2013). Machfud akan diperiksa sebagai saksi.

"Diperiksa sebagai saksi untuk AU (Anas Urbaningrum)," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha.

Sebelumnya, Machfud sudah diperiksa oleh KPK beberapa kali sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pengadaan sarana dan prasarana Hambalang yang menjerat mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng, pejabat Kemenpora Deddy Kusdinar, serta mantan petinggi PT Adhi Karya Teuku Bagus Muhammad Noor.


Seusai diperiksa, Machfud yang mengaku orang dekat istri Anas, Athiyyah Laila ini mengakui kalau PT Dutasari Citralaras menerima uang Rp 63 miliar dari proyek Hambalang. Menurut Machfud, uang itu merupakan uang muka dari pengerjaan elektrikal mekanikal proyek Hambalang yang disubkontrakan ke PT Dutasari Citralaras.

Selain memanggil Machfud, KPK hari ini menjadwalkan pemeriksaan Teuku Bagus sebagai saksi bagi Anas. Lembaga antikorupsi itu juga memanggil pensiunan Kementerian BUMN, Muchayat yang juga wakil presiden komisaris utama PT Bank Mandiri.

Peran Muchayat

Juru Bicara Keluarga Mallarangeng, Rizal Mallarangeng beberapa waktu lalu mengatakan bahwa Muchayat terlibat dalam mengatur pemenangan PT Adhi Karya sebagai pelaksana proyek senilai Rp 2,5 triliun tersebut. Menurut Rizal, Muchayat adalah ayah kandung Munadi Herlambang, Wakil Sekretaris Bidang Pemuda dan Olahraga DPP Partai Demokrat, yang juga menjadi komisaris di PT Dutasari Citralaras.

Rizal menduga ada peran Muchayat dalam membantu PT Adhi Karya memenangi proyek Hambalang sehingga perusahaan anaknya, PT Dutasari Citralaras, ikut mendapat proyek. Dia juga mengungkapkan, PT Dutasari Citralaras seolah sudah menjadi langganan PT Adhi Karya. Perusahaan itu beberapa kali diikutsertakan dalam pengerjaan proyek PT Adhi Karya lain, seperti pembangunan gedung kembar Kementerian Keuangan dan gedung pajak.

Editor : Caroline Damanik

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Anda sedang membaca artikel tentang

Terkait Gratifikasi Hambalang, KPK Periksa Machfud Suroso

Dengan url

http://healthyheartofusall.blogspot.com/2013/10/terkait-gratifikasi-hambalang-kpk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Terkait Gratifikasi Hambalang, KPK Periksa Machfud Suroso

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Terkait Gratifikasi Hambalang, KPK Periksa Machfud Suroso

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger