Hukuman Mati untuk Pemerkosa Bukan Solusi Akhir

Written By bopuluh on Senin, 16 September 2013 | 21.26

KOMPAS.com - Orangtua gadis korban perkosaan brutal di India berpendapat kalau para pelaku perkosaan, Vinay Sharma, Akshay Thakur, Pawan Gupta, dan Mukesh Singh, pantas mendapat ganjaran hukuman mati. Tapi, menurut keduanya, ganjaran itu juga harus menjadi awal pemberdayaan perempuan. "Inspirasi untuk pemberdayaan perempuan ini bukan hanya untuk India tapi seluruh dunia,"kata ayah korban dalam wawancara dengan ABC di Sydney pada Senin malam kemarin.

Kasus perkosaan yang menimpa perempuan India berusia 23 tahun pada Desember tahun lalu itu memang mengejutkan India. Lantaran kejadian itu, pemerintah India berbenah cepat dengan menggelar investigasi dan persidangan. Hasilnya, minggu lalu, ganjaran hukuman mati pun dijatuhkan.

"Anak perempuan saya menjadi simbol pemberdayaan perempuan. Dia telah menyalakan api kecil dan kami berharap kita semua menjaga nyalanya untuk pemberdayaan perempuan,"kata sang ibu. ABC memilih tidak mempublikasikan nama korban dan orangtuanya dalam wawancara itu.

Kendati begitu, beberapa organisasi pembela hak asasi manusia mengatakan kalau hukuman mati untuk pemerkosa bukan solusi akhir. Paling tidak ada banyak pekerjaan yang mesti terwujud terkait hak rasa aman bagi seluruh perempuan di dunia.

Sejatinya, ada enam tersangka dalam kasus itu. Selain keempat terpidana mati, satu pelaku yang masih di bawah umur, dalam hukum India, mendapat hukuman tiga tahun dalam pengawasan ketat pemerintah. Sementara, satu pelaku, seorang sopir bus bernama Ram Singh sudah lebih dahulu tewas di penjara saat penyelidikan dan persidangan berlangsung. Menurut dugaan, Ram Singh bunuh diri di penjara.

Editor : Josephus Primus


Anda sedang membaca artikel tentang

Hukuman Mati untuk Pemerkosa Bukan Solusi Akhir

Dengan url

http://healthyheartofusall.blogspot.com/2013/09/hukuman-mati-untuk-pemerkosa-bukan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hukuman Mati untuk Pemerkosa Bukan Solusi Akhir

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hukuman Mati untuk Pemerkosa Bukan Solusi Akhir

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger