Tangani Stroke dalam 90 Menit, Cegah Kecacatan Permanen

Written By bopuluh on Minggu, 25 Agustus 2013 | 21.26


KOMPAS.com - Saat stroke menyerang, kecepatan dalam penanganan adalah hal yang utama. Menurut sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal Stroke, penanganan stroke yang tidak lebih dari 90 menit sejak terjadinya gejala, dapat meningkatkan kesempatan pulih pada pasien.

Data dari American Heart Association (AHA) menyebutkan, stroke merupakan penyakit penyebab kematian keempat di Amerika Serikat.  Selain itu, stroke juga merupakan penyebab utama kecacatan pascaserangan.

Maka untuk meminimalisasi dampaknya, kecepatan penangan stroke perlu ditingkatkan. Semakin cepat dokter memberikan obat antikoagulan darah, maka semakin cepat pula darah mengalir kembali ke otak sehingga mencegah kerusakan permanen.

Dalam studi tersebut, para peneliti asal Helsinki University Central Hospital di Finlandia menganalisa pada 6.800 pasien stroke selama 14 tahun. Mereka menemukan, pasien yang mengalami stroke ringan hingga sedang yang ditangani dengan obat antikoagulan dalam 90 menit pascaserangan cenderung mengalami efek kecatatan yang minimal.

Dr Larry B. Goldstein, profesor ilmu saraf dan direktur di Duke Comprehensive Stroke Center mencatat, meski periode emas untuk penanganan stroke tidak lebih dari 90 menit, namun intervensi dini selalu lebih baik.

"Penanganan bisa efektif hingga 4,5 jam setelah serangan. Namun bukan berarti penanganan harus diberikan dalam jangka waktu selama itu. Dalam satu jam, pasien harus segera ditangani," ujar Goldstein yang tidak terlibat dalam studi.

Sayangnya, menurut dia, banyak orang yang tidak sadar saat gejala stroke menyerang sehingga cenderung menunda penanganan. Untuk itu, dibutuhkan edukasi yang lebih baik terutama untuk faktor risiko dan gejala stroke.

Beberapa gejala stroke yang perlu Anda ketahui yaitu tiba-tiba mati rasa atau lemah pada bagian wajah, lengan, atau kaki - terutama pada satu sisi tubuh, kebingungan dan kesulitan berbicara, pengelihatan mendadak terganggu, kesulitan berjalan, kehilangan keseimbangan atau koordinasi, sakit kepala parah tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Tangani Stroke dalam 90 Menit, Cegah Kecacatan Permanen

Dengan url

http://healthyheartofusall.blogspot.com/2013/08/tangani-stroke-dalam-90-menit-cegah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tangani Stroke dalam 90 Menit, Cegah Kecacatan Permanen

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tangani Stroke dalam 90 Menit, Cegah Kecacatan Permanen

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger