Tanggapan MUI soal Parodi One More Night Siswi Toli-toli

Written By bopuluh on Selasa, 23 April 2013 | 21.26

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah meminta aparat penegak hukum mengusut kasus parodi gerakan shalat yang diduga dilakukan oleh lima siswi SMA 2 Toli-toli, Sulawesi Tengah. Pengusutan kasus ini, kata Amirsyah, agar instansi pendidikan tidak salah dalam mengambil keputusan bagi para siswi itu. Menurutnya, hal ini penting, mengingat mereka masih menempuh pendidikan. 

"Proses investigasi harus dilakukan terhadap pelaku untuk mengetahui maksud dan tujuan mereka melakukan hal itu," kata Amirsyah saat dihubungi Kompas.com, Rabu (24/3/2013).

Namun, hingga saat ini, Amirsyah mengatakan, MUI belum dapat memastikan apakah kasus tersebut masuk ke dalam ranah penistaan terhadap agama atau tidak.

"Kami lihat, apakah mereka melakukan itu murni dari dalam diri mereka atau tidak," katanya.

Terkait sanksi yang dikeluarkan sekolah dengan mengeluarkan para siswi itu, menurutnya, terlalu dini. Seharusnya, ada sanksi lain yang bisa diberikan sebelum keputusan mengeluarkan mereka dari sekolah. Amirsyah berpendapat, pemberian sanksi maksimal dapat dilakukan jika aparat berwajib telah menetapkan kasus ini masuk dalam ranah penistaan agama.

"Sanksi itu bisa seperti dipanggil atau diperingatkan terlebih dahulu," ujarnya.

Sebelumnya, video yang ditayangkan melalui situs Youtube itu diketahui tayang sejak beberapa waktu lalu. Dalam video yang diduga dibuat di lingkungan sekolah tersebut, mereka memadukan gerakan shalat dengan lagu Maroon 5 berjudul "One More Night". Setelah menuai kontroversi dan sanksi keras berupa dikeluarkan dari sekolah yang berimbas kehilangan kesempatan mengikuti ujian nasional, beragam kalangan meminta video itu tak lagi ditayangkan di Youtube. Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan telah menyurati Google, perusahaan induk yang mengelola situs Youtube, untuk menutup tayangan tersebut.

Baca juga:
Kasus Parodi Toli-toli, 'Darah Muda' Berujung Kehilangan Kesempatan Ujian Nasional
Mendikbud: Apa Pun Sanksinya, Jangan Korbankan Masa Depan Anak
Parodi Toli-toli, Bukan Semata Kesalahan Para Pelaku

Google Sudah Disurati untuk Drop Video Parodi 'Toli-toli'

Editor :

Inggried Dwi Wedhaswary


Anda sedang membaca artikel tentang

Tanggapan MUI soal Parodi One More Night Siswi Toli-toli

Dengan url

http://healthyheartofusall.blogspot.com/2013/04/tanggapan-mui-soal-parodi-one-more.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tanggapan MUI soal Parodi One More Night Siswi Toli-toli

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tanggapan MUI soal Parodi One More Night Siswi Toli-toli

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger