Program PAKEM Diluncurkan di Kudus

Written By bopuluh on Senin, 15 April 2013 | 21.26

KUDUS, KOMPAS.com - Program peningkatan kualitas pendidikan melalui Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) diluncurkan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Program itu diharapkan membantu siswa lebih menangkap materi pembelajaran dan meningkatkan kreativitas guru mengajar.

Peluncuran program itu di SD Negeri 1 Jati Kulon, Selasa (16/4/2013), melalui penandatanganan nota kesepahaman. Hadir dalam kegiatan itu Direktur Manajemen Putera Samporna Foundation Nenny Soemawinata, Direktur Program Djarum Foundation Primadi H Serat, dan Wakil Presiden CCR PT Bank Negara Indonesia (Persero) Nancy Martasuta.

Program tersebut dilaksanakan atas kerjasama PT BNI program Sahabat Sekolah, Djarum Foundation, dan Putera Sampoerna Foundation.

Nenny Soemawinata mengatakan, pengembangan pendidikan bukan saja tanggung jawab pemerintah, tetapi juga pihak-pihak ketiga. Dalam pengembangan itu, guru menjadi kunci penting terutama untuk menyukseskan program PAKEM.

"Mereka yang mendapatkan pelatihan harus lebih kreatif dalam mengajar. Mereka harus menjadi 'master teachers' untuk meningkatkan kualitas diri dan siswa," kata Nenny.

Program PAKEM akan berjalan selama 3 tahun ke depan. Ada dua kegiatan utama yang dilangsungkan, yaitu Peningkatan Kualitas Tenaga Pendidik dan Pendidikan untuk SD serta Pemberdayaan Master Teachers untuk SLTP.

Primadi H Serat mengemukakan, program peningkatan kualitas pendidikan tingkat SD di Kudus akan berlangsung 2013-2016. Program itu diikuti empat SD, yaitu SD Negeri 1 Jati Kulon, SD IT AI Islam, SD Masehi, dan MI NU Banat.

"Masing-masing sekolah akan mengirimkan satu kepala sekolah dan 10 guru untuk mengikuti program PAKEM," kata Primadi.

Adapun untuk tingkat SMP, Primadi menambahkan, 10 guru dari berbagai SMP dan Madrasah Tsanawiyah di Kudus telah mengikuti program "Master Teachers" atau guru utama hingga akhir 2013. Harapannya mereka akan melatih guru-guru lain agar mampu menerapkan PAKEM.


Anda sedang membaca artikel tentang

Program PAKEM Diluncurkan di Kudus

Dengan url

http://healthyheartofusall.blogspot.com/2013/04/program-pakem-diluncurkan-di-kudus.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Program PAKEM Diluncurkan di Kudus

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Program PAKEM Diluncurkan di Kudus

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger