Saan Yakin SBY Tak Akan Lengserkan Anas

Written By bopuluh on Kamis, 07 Februari 2013 | 20.26

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Saan Mustopa meyakini, solusi yang akan ditawarkan Ketua Dewan Pembina Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono tidak akan mengarah pada pelengseran Anas Urbaningrum sebagai Ketua Umum DPP Demokrat.

"Saya yakin SBY akan bijak dan arif menyikapi masalah Demokrat. Pasti akan cari jalan keluar yang terbaik," kata Saan ketika dihubungi, Jumat (8/2/2013).

Saan yakin tak akan ada solusi Kongres Luar Biasa (KLB). Menurutnya, opsi KLB hanya akan menciptakan kegaduhan baru di internal yang dapat menghabiskan energi. Hal itu, kata dia, akan berdampak buruk mengingat semakin dekatnya pemilu.

"Kalau energi habis, mubazir juga. Lebih baik konsolidasi ke dalam," kata Saan.

Ketika ditanya apakah ia melihat ada upaya KLB di kalangan Majelis Tinggi, Saan mengaku tak mengetahui persis. Majelis Tinggi, kata Saan, belum pernah secara gamblang meminta Anas mundur.

Seperti diberitakan, SBY selaku Ketua Majelis Tinggi Demokrat akan mengumpulkan jajaran Majelis Tinggi di kediamannya di Puri Cikeas, Bogor, Jumat sore. SBY mengaku sudah memiliki solusi menyelesaikan masalah Demokrat. Solusi itu akan dibicarakan dengan Majelis Tinggi.

Majelis Tinggi Demokrat terdiri dari sembilan elit Demokrat. Mereka, yakni SBY, Wakil Ketua Dewan Pembina Marzuki Alie, Sekretaris Dewan Pembina Jero Wacik, Sekretaris Dewan Kehormatan TB Silalahi, Ketua Umum DPP Anas Urbaningrum, dua Wakil Ketua Umum DPP Max Sopacua dan Jhonny Alen, Sekretaris Jenderal DPP Edhi Baskoro Yudhoyono, dan Direktur Eksekutif DPP Toto Riyanto.

Dalam AD/ART Partai Demokrat, Majelis Tinggi bisa mengusulkan KLB dengan disertai alasan. Hal itu tertuang dalam Pasal 100 ayat 3. Meski demikian, KLB tetap saja diselenggarakan oleh DPP Demokrat dengan menghadirkan para pengurus daerah.

Polemik Demokrat itu kembali mencuat setelah rilis hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang menunjukkan elektabilitas Partai Demokrat tinggal 8,3 persen. Angka itu merupakan paling rendah pascapemilu 2009.

Berita terkait dapat diikuti dalam topik:
Demokrat "Terjun" Bebas

Editor :

Inggried Dwi Wedhaswary


Anda sedang membaca artikel tentang

Saan Yakin SBY Tak Akan Lengserkan Anas

Dengan url

http://healthyheartofusall.blogspot.com/2013/02/saan-yakin-sby-tak-akan-lengserkan-anas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Saan Yakin SBY Tak Akan Lengserkan Anas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Saan Yakin SBY Tak Akan Lengserkan Anas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger