Gempa 5,8 SR Guncang Maluku

Written By bopuluh on Selasa, 12 Februari 2013 | 20.26

Gempa 5,8 SR Guncang Maluku

Penulis : Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty | Rabu, 13 Februari 2013 | 11:11 WIB

AMBON, KOMPAS.com - Gempa tektonik berkekuatan 5,8 skala richter (SR) kembali mengguncang Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Rabu (13/2/2013), sekitar pukul 07.25 WIT. Posisi gempa berada pada 6.91 Lintang Selatan dan 131.52 Bujur Timur dengan kedalaman 75 kilometer di bawah laut. 

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Kifly Wakanno, Rabu (13/2/2013), mengatakan, berdasarkan koordinasi yang dilakukan dengan BPBD MTB, gempa tersebut tidak mengakibatkan kerusakan dan tidak juga berpotensi tsunami.

"Koordinasi kami dengan BPBD MTB, episentrum gempa itu di 6.91 Lintang Selatan dan 131.52 Bujur Timur dengan kedalaman 75 kilometer di bawah laut," kata Kifly.

Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami karena terletak di pertemuan tiga lempeng besar, yakni Pasifik, Indo Australia, dan Eurasia. Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia, bertemu dengan Lempeng Pasifik sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan.

Di Pulau Ambon terdapat 10 zona garis patahan. Tiga diantaranya berada pada daerah pemukiman padat penduduk. Jalan Pattimura Ambon naik sampai ke kawasan Batumeja masuk dalam salah satu zona patahan itu.

Lebih rawan lagi adalah daerah Poka-Rumahtiga karena dilalui tiga garis patahan. Ketiga garis patahan itu berada di Tanjung Marthapons, di belakang Poka Rumahtiga dari Waiyame melintang garis patahan sampai ke Telaga Kodok dan patahan dari Waiyame naik ke arah Utara Pulau Ambon.

Dengan kondisi seperti itu, Ambon sangat rawan terhadap gempa. Patahan-patahan ini akan aktif kalau terjadi gempa besar.

Editor :

Glori K. Wadrianto


Anda sedang membaca artikel tentang

Gempa 5,8 SR Guncang Maluku

Dengan url

http://healthyheartofusall.blogspot.com/2013/02/gempa-58-sr-guncang-maluku.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gempa 5,8 SR Guncang Maluku

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gempa 5,8 SR Guncang Maluku

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger