Rasa Unik Colenak dan Uli Bakar

Written By bopuluh on Sabtu, 12 Januari 2013 | 20.26

Rasa Unik Colenak dan Uli Bakar

Penulis : Fitri Prawitasari | Minggu, 13 Januari 2013 | 11:13 WIB

Foto:

KOMPAS.com - Bandung terkenal dengan beragam kulinernya yang mampu membuat siapapun ketagihan untuk datang lagi dan lagi. Salah satu kuliner unik yang bisa kita temui di Bandung adalah colenak.

Colenak, tenar pula disebut tape bakar. Dalam Bahasa Sunda, tape disebut peyeum. Colenak disajikan dengan siraman gula jawa cair dicampur dengan kelapa yang diserut.

Hampir banyak tempat di Bandung menjual jajanan colenak ini. Namun, salah satunya bisa Anda temukan di Pasar Lembang, Jalan Raya Lembang.

Salah satu penjualnya, Dindin, mengaku telah menjual colenak secara turun-temurun. Ia sendiri membandrol sepotong colenak dengan harga Rp 5000.

Sebelum disajikan kepada pembeli, colenak berbentuk tape berwarna kuning. Tape dibakar selama sekitar lima menit atau lamanya sesuai permintaan pembeli. Pembeli pun dapat melihat langsung proses pembakaran di tempat.

Selain tape, ada juga uli bakar. Uli terbuat dari ketan. Agar menambah cita rasa, uli disiram dengan sambal kacang, sambal oncom, ataupun serundeng. Pembeli bisa memilih salah satunya atau bisa mencampur uli dengan ketiganya.

Tekstur lembut dan rasa dari tape berpadu apik dengan manisnya gula cair. Sementara gurihnya uli semakin diperkuat dengan sambal oncom. Walaupun hanya makan sepotong, tetapi lumayan mengenyangkan. Satu hal yang pasti, rasanya membuat ketagihan!

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel


Anda sedang membaca artikel tentang

Rasa Unik Colenak dan Uli Bakar

Dengan url

http://healthyheartofusall.blogspot.com/2013/01/rasa-unik-colenak-dan-uli-bakar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rasa Unik Colenak dan Uli Bakar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rasa Unik Colenak dan Uli Bakar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger