Wamenhub Resmikan ATCS di Yogya

Written By bopuluh on Rabu, 19 Desember 2012 | 20.26

Wamenhub Resmikan ATCS di Yogya

Penulis : M Clara Wresti | Kamis, 20 Desember 2012 | 11:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono akan meresmikan area traffic control system, bus tracking system, dan e-ticketing bus trans-jogja hari ini, Kamis (20/12/2012).

Area traffic control system (ATCS) merupakan bagian dari intelligent transport system yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika.

Sistem ITS ini bertujuan membuat sistem transportasi yang mempunyai kecerdasan, sehingga dapat membantu pemakai transportasi dan pengguna transportasi untuk mendapatkan informasi, mempermudah transaksi, meningkatkan kapasitas dan sarana transportasi, mengurangi kemacetan atau antrean, meningkatkan keamanan dan kenyamanan, mengurangi polusi lingkungan, dan mengefisiensikan pengelolaan transportasi.

ITS pada prinsipnya adalah penerapan teknologi maju di bidang elektronika, komputer, dan telekomunikasi untuk membuat prasarana dan sarana transportasi lebih informatif, lancar, aman, dan nyaman sekaligus ramah lingkungan.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DIY Tjipto Haribowo, Pemprov DIY baru menjalankan empat bagian dari enam bagian yang ada di ITS. "Dua sisanya saat ini belum dipandang perlu. Nanti jika yang empat bagian ini sudah berjalan baik, baru yang dua lagi akan dijalankan," kata Tjipto.

Empat bagian yang dijalankan adalah travel & traffic management, public transport management, traveller information system, dan electronic payment. Sedangkan dua bagian yang belum dijalankan adalah advanced driving assistance dan commercial vehicle management.

Wamen Perhubungan Bambang Susantono menyambut baik upaya yang dilakukan Dinas Perhubungan DIY. "Yogya memang bukan yang pertama kali mengaplikasikan ITS ini. Solo dan Bali juga sudah. Tetapi yang dilakukan Yogya sangat baik karena terintegrasi dengan kereta Pramex dan mencakup seluruh kota," kata Bambang.

Menurut Bambang, Jakarta juga sudah menerapkan ITS tetapi belum baik dan masih sangat terbatas.

Editor :

Marcus Suprihadi


Anda sedang membaca artikel tentang

Wamenhub Resmikan ATCS di Yogya

Dengan url

http://healthyheartofusall.blogspot.com/2012/12/wamenhub-resmikan-atcs-di-yogya.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Wamenhub Resmikan ATCS di Yogya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Wamenhub Resmikan ATCS di Yogya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger