Mendikbud Dukung Rekomendasi PPI Dunia

Written By bopuluh on Senin, 24 Desember 2012 | 20.26

Mendikbud Dukung Rekomendasi PPI Dunia

Selasa, 25 Desember 2012 | 11:13 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Kongres PPI Dunia yang digelar di New Delhi, India, Sabtu (22/12/2012) hingga Minggu (23/12/2012), menghasilkan sejumlah rekomendasi untuk pemerintah Republik Indonesia. Rekomendasi ini akan disampaikan kepada kementerian-kementerian terkait dan didukung PPI di setiap negara untuk pelaksanaanya.

Antara lain rekomendasi untuk Kemendiknas tentang perlunya Atase Pendidikan di beberapa negara yang sangat membutuhkan seperti di Turki dengan jumlah mahasiswa enam ribu orang, tapi belum ada atase pedidikan. Juga rekomendasi untuk pendirian learning and help centre di negara-negara yang banyak TKI dengan melibatkan PPI setempat. Selain itu, rekomendasi agar anggaran negara diberdayakan lebih maksimal kepada produk dalam negeri.

Hal tersebut langsung mendapat dukungan dari Mendikbud Muhammad Nuh yang hadir menjadi pembicara dalam simposium internasional yang merupakan rangkaian Kongres PPI Dunia.

Seperti dilaporkan Firman Arifandi, mahasiswa Universitas Islamabad, Pakistan, lewat email kepada Kompas.com, Mendikbud mengatakan bahwa untuk mencapai Indonesia lebih baik perlu optimisme besar menemani langkah-langkah kontribusi yang nanti akan dilakukan dan perlu sinergi dan dukungan dari semua pihak.

Mendikbud juga menegaskan bahwa semua atase pendidikan di masing-masing negara agar mendukung secara penuh segala kegiatan positif yang dilakukan oleh PPI setempat baik moril ataupun materil. Menurutnya, hal ini tidak lain karena pelajar Indonesia di luar negeri adalah aset penting akademisi.

PPI juga telah menyusun program kerja untuk mendukung hal tersebut. Empat komisi yang telah dibentuk jauh hari sebelum simposium diadakan, yaitu komisi ekonomi, komisi sosial budaya, komisi politik, dan komisi teknologi.

Zulham Effendy dari PPI Malaysia yang kembali terpilih menjadi koordinator umum dewan presidium PPI Dunia setahun ke depan mengajak seluruh anggota PPI berperan aktif dan selalu berkoordinasi satu sama lainnya.

Kongres PPI Dunia itu memilih tiga negara sebagai dewan presidium dan satu negara sebagai koordinator umum. Adalah Dhafi Iskandar dari PPI Perancis yang terpilih sebagai koordinator PPI kawasan Eropa dan Amerika, Firman Arifandi dari PPMI Pakistan sebagai koordinator PPI kawasan Afrika, Timur Tengah, dan sekitarnya, serta Tania Alfina Nathania dari PPI Australia sebagai koordinator PPI kawasan Asia-Oceania.


Anda sedang membaca artikel tentang

Mendikbud Dukung Rekomendasi PPI Dunia

Dengan url

http://healthyheartofusall.blogspot.com/2012/12/mendikbud-dukung-rekomendasi-ppi-dunia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mendikbud Dukung Rekomendasi PPI Dunia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mendikbud Dukung Rekomendasi PPI Dunia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger