Study on The Road, Mendidik Karakter di Jalanan

Written By bopuluh on Sabtu, 10 November 2012 | 20.26

JAKARTA, KOMPAS.com - "Mulai sekarang, Kita buang sampah pada tempatnya! Kita biasakan untuk tertib menjaga lingkungan kita. Jakarta Bersih, Jakarta Sehat!" Teriak perwakilan mahasiswa Binus di Jalan Anggrek, Palmerah, Jakarta Barat, saat menggelar Study on The Road: Gerakan Bersih Jakarta, Minggu (11/11/2012).

Kegiatan tersebut diikuti oleh para relawan Binus mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi. Dalam aksinya, para relawan tidak hanya berorasi tetapi juga menggelar longmarch dari Kampus Binus menuju Kali Pesing, Grogol, Jakarta Barat.

Wakil Rektor Binus University bidang Kemahasiswaan dan Pengembangan Komunitas Andreas Chang mengatakan, Study On The Road ini bertujuan untuk mendidik karakter para siswa soal menjaga kebersihan dan ketertiban di jalanan, terutama di Kota Jakarta.

"Sebetulnya kegiatan ini mendidik karakter para siswa dan mahasiswa supaya mereka mau hidup bersih dan tertib. Yang penting dari dalam dulu, dari para siswa dan mahasiswa Binus dulu," ucapnya kepada Kompas.com, saat mengikuti para siswanya turun ke jalan untuk membersihkan jalanan Jakarta.

Dalam aksinya, para relawan berkaos merah bertuliskan 'Touch for Indonesia' itu mengkampanyekan langsung kepada warga sekitar untuk membuang sampah tidak sembarang, membagikan stiker, serta jika di antara mereka melihat sampah berserakan di jalan, maka mereka mengambil dan membuangnya pada tempatnya.

"Study on the road ini melatih mereka untuk secara langsung membersihkan Jakarta. Habis itu selesai, kita semua juga berusaha mendidik terus supaya orang lain bisa melakukan hal yang sama," kata Chang, yang mengaku baru kali pertama menggelar kegiatan ini.

Melihat antusias para relawan Binus, selanjutnya, Chang mengatakan akan kembali menggelar kegiatan serupa secara rutin di sekitar kampus Binus, serta terus mengkampanyekannya ke warga sekitar.

"Jika sudah terbangun karakter pada semua pemuda dan masyarakat umum ini, mereka akan mau menjaga kebersihan dan ketertiban Jakarta, sehingga bukan hanya kotanya yang bersih tetapi dalam hati mereka juga akan bersih dan tidak mau merugikan orang lain, kita pun bisa menjadi negara yang disegani," harapnya.

Dalam kegiatan itu, turut hadir para pimpinan mahasiswa dan relawan Binus, tokoh pemuda Bambang Reguna Bukit alias Bams Samsons, serta perwakilan Walikota Jakarta Barat Burhanudin. Binus juga melibatkan para siswa TK dan SD, hanya saja untuk mereka kehiatan longmarch tidak tidak sejauh yang dilakukan para siswa lainnya.

"Untuk TK dan SD tidak sampai Pesing. Nanti di sana, Pesing ada kegiatan kebersihan dan orasi. Bams tokoh muda, lulusan dari binus juga akan memberikan contoh, dia walaupun sibuk tetapi mau ikut membangun karakter dan ikut membersihkan Jakarta," tambahnya.

Editor :

Ana Shofiana Syatiri


Anda sedang membaca artikel tentang

Study on The Road, Mendidik Karakter di Jalanan

Dengan url

http://healthyheartofusall.blogspot.com/2012/11/study-on-road-mendidik-karakter-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Study on The Road, Mendidik Karakter di Jalanan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Study on The Road, Mendidik Karakter di Jalanan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger